Tips Membuat Design Kaos Yang Baik Pada Kaos Polos

Saat ini kaos polos telah menjadi media atau menjadi kanvas bagi para ilustrator, designer grafis maupun typografer untuk mengekspresikan konsep art dalam sebuah kaos. Maraknya jumlah designer kaos, tentunya membuat suatu design kaos harus semakin cerdas agar dapat diterima oleh masyarakat.

Berikut ini adalah tips dalam design kaos yang dikemukakan oleh Mike Ng, Beliau adalah seorang Creative Director dari Soyu, merek clothing internasional asal Inggris  yang telah berpengalaman dalam dunia printing dan web design.

mike-ng-soyu

Meluangkan waktu untuk mengeksplorasi konsep
Buatlah sebuah sketsa design kaos sebanyak mungkin dan ciptakan variasi baru melalui proses brain storming dengan sesame seniman dan pangsa pasar kaos anda untuk mengeksplorasi berbagai pilihan konsep design.

Bayangkan design anda sudah diaplikasikan dalam sebuah kaos polos
Ada perbedaan yang jelas antara design pada layar monitor dengan pada kaos polos yang sudah di printing. Oleh karena itu cobalah untuk menerapkan design kaos pada suatu foto sebelum diaplikasikan pada pakaian yang sebenarnya.

Mengutamakan detail tapi tetap simpel
Setiap orang akan mengapresiasi kemampuan menggambar yang baik dengan memperhatikan detail secara utuh. Meski begitu beberapa design yang paling klasik dan detil justru menjadi sebuah design yang sederhana namun bisa menyampaikan pesannya dalam bentuk yang tepat. Menciptakan detail design yang baik adalah design yang simple namun detail.

Mempertimbangkan pasar
Satu hal yang penting bagi anda adalah mempertimbangkan pasar. Design yang anda ciptakan ditujukan untuk siapa, apakah untuk pria, wanita, untuk orang tua ataupun anak muda. Hal ini harus dipahami sehingga anda bisa mengaplikasikan design sesuai target yang dituju agar tepat sasaran. Lakukan spesifikasi terhadap target pasar yang dituju, meliputi siapa mereka, apa yang mereka sukai, apa brand yang mereka sukai dan ciptakan design berdasarkan hal itu.

Menjaga humor yang halus
Jika anda ingin membuat design yang lucu, maka tetaplah menempatkan humor yang ingin anda sampaikan secara halus agar tidak terkesan seperti kaos yang berharga murah.

Warna adalah segalanya.
Gunakan aplikasi warna yang efektif dan cobalah untuk memilih warna complementer. Jika anda menggunakan Adobe Illustrator, maka gunakanlah global colours. Hal itu akan lebih aman dan menghemat waktu anda. Anda juga bisa menggunakan Halftones untuk membuat sebagian warna gradasi.
Supplier sablon kaos yang baik
Karya seni yang telah anda selesaikan dengan baik dapat menghasilkan kaos yang baik jika dicetak yang baik pula. Ada baiknya menggunakan perusahaan sablon yang memiliki reputasi bagus agar hasil yang diperoleh berkualitas tinggi. Yang terpenting adalah mempelajari tipe pakaian yang akan diaplikasikan design tersebut, meliputi berat, ukuran, posisi label, harga dsb yang akan berpengaruh pada hasil akhir produk. Buatlah kesepakatan dengan perusahaan yang akan menangani hasil karya seni anda.

Mempimpin permainan
Trend yang ada bisa menjadi inspirasi bagi anda namun janganlah membuat hal yang sama, berikanlah sentuhan yang menjadi ciri khas anda dan eksplorasi kemampuan anda untuk karya seni yang orisinil. Be a trend setter, not follower.

Itulah beberapa tips membuat design kaos yang bagus, semoga bermanfaat.

Sumber: http://solop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.