Threadless.com : Karya Seni Diatas Kaos Polos

Design kaos yang unik, yang dicetak diatas kaos polos yang baik selalu diminati konsumen. Semakin kreatif, design kaos akan semakin diminati untuk dibeli. Bedasarkan hal tersebut, banyak bermunculan bisnis kaos yang berbasis online akhirnya memberikan solusi bagi siapa saja yang ingin mendesain sendiri kaosny., Melalui kompetisi, design kaos yang baik langsung mendapatkan apresiasi dari masyarakat, terlebih dengan adanya penawaran insentif maupun royalti dengan jumlah yang cukup menggiurkan. Salah satu website kaos yang sudah ternama dan menjadi perintis model bisnis kaos semacam ini adalah http://threadless.com.

threadless-1

Threadless didirikan pada tahun 2000 di Chicago, Illionis oleh Jake Nickell dan Jacob De Hart. Pada awalnya threadless merupakan komunitas online para seniman yang berbasis e commerce. Dengan modal awal sebesar 1000 USD, Jake dan Jacob mengawali bisnisnya dengan mengadakan kompetisi design melalui dreamless.org dimana pengguna bisa mengekspresikan kreatifitasnya melalui komputer.

Mereka mengundang pengguna untuk mengunggah design yang dihasilkan dan akan mencetak design yang terbaik berdasarkan kompetisi tersebut. Desainer yang hasil designnya diterima dan dicetak akan mendapatkan royalti sebesar 20% berdasarkan laba bersih yang dibayarkan bulanan. Untuk setiap kali design yang dicetak pembuat design akan mendapatkan uang tunai senilai 500 USD.

Komunitas Threadless akan membuat design berdasarkan tema yang telah ditetapkan, dan design dengan vote atau komentar tertinggi memiliki skor tertinggi akan melanjutkan pada tahap berikutnya. Anggota komunitas akan menerima edisi tee terbaru setiap bulannya selama satu tahun dimana design tidak dijual di tempat lain di threadless.com.

Ciri khas Threadless bisa dilihat dari teknik sablon yang digunakan. Kebanyakan kaos dicetak dengan menggunakan teknik sablon, dimana plastisol atau tinta berbasis air diaplikasikan pada kaos polos melalui mesh screen yang menyerupai jaring untuk membatasi di mana tinta diendapkan. Jadi dalam hal ini, kaos polos bagaikan kanvas untuk kaya seni para seniman. Teknik printing Threadless termasuk gradien, proses simulasi, perubahan warna UV, oversized printing, puff, belt printing, vinyl, flock, superglow, bordiran, suede, logam, blister, foil dan kepadatan tinggi.

Threadless memiliki laboratorium khusus sebagai tempat untuk memulai eksperimen dengan produk baru yang akan dicetak. Eksperimen yang dilakukan menggunakan Direct To Garment (DTG) dimana proses pencetakan tekstil dan garmen menggunakan teknologi inkjet khusus yang telah dimodifikasi. Penggunaan materi yang bagus dan teknik yang khusus menjadikan hasil printing berkualitas tinggi dan tahan lama. Saat ini Threadless mencetak 4 DTG t shirt baru setiap minggunya di samping pencetakan 10 pakaian berdasarkan design terbaru.

Produk Threadless beragam mulai dari fashion untuk dewasa dan anak, termos minum dan tempat makan, dll. Design yang berkualitas menjadikan Threadless dipercaya beberapa brand besar untuk menjadi partnership, diantaranya adalah i Phone, Dell, Blik Wall Decals, Unicef, dan Tatoodo.

Design yang terpilih berdasarkan kompetisi akan dicetak dibeberapa produk Threadles seperti kaos, topi, dll dengan tetap mencantumkan nama pembuat design pada setiap produk tersebut. Selain penawaran secara online, Threadless juga memiliki toko retail yang dilengkapi dengan fasilitas layar LCD yang berisi informasi mengenai stok produk maupun produk yang telah terjual. Toko retail Threadless terletak di Broadway, Chicago.

Variasi produk yang sangat beragam menuntut Threadless untuk selalu mempertahankan kualitas dan tetap fokus pada idealisme yang menjunjung tinggi kreatifitas yang orisinil. Harga produk kaos relatif mahal yaitu sekitar 25 USD atau Rp 300 ribuan.

Itulah beberapa informasi seputar review website kaos threadless.com, semoga bermanfaat.

Sumber: http://solop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.