Sablon Kaos Plastisol Yang Disukai Distro CLothing

Pada dasarnya tinta sablon ada dua jenis, yakni tinta dengan bahan dasar air atau yang disebut dengan waterbase dan tinta yang berbahan dasar minyak atau solvenbase. Bila anda ingin membuat sablonan yang awet dan tahan lama, mengetahui jenis-jenis tinta yang digunakan sangat diperlukan.

Yang termasuk dalam sablon tinta waterbase antara lain sablon pigment dan rubber. Perbedaan antar apenggunaan tinta sablon waterbase dan solvenbase terutama pada hasil penyabolonannya. Hasil sablon tinta waterbase biasanya solid, menempel pada permukaan kaos dan permukaannya tidak lengket, warnanya cenderung lebih doft dibandingkan tinta solvenbase. Sedangkan untuk hasil sablon tinta solvenbase permukaannya berkilap atau glossy.

Perbedaan lainnya dalah pada proses pengeringan sablon. Untukn tinta waterbase dalam melakukan pengeringan, hanya perlu dianginkan saja, bisa juga dengan menggunakan kipas angin atau hairdryer. Namun, bila anda menggunakan tinta dengan bahan dasar minyak atau solvenbase, maka pengeringannya harus menggunakan alat pengering khusus atau dryer yang bisa mencapai suhu 160 derajat celcius.  Tinta dengan bahan dasar minyak tidak dapat secara langsung mengering dengan sempurna meskipun anda sudah mengangin-anginkan selama berhari-hari. Hal ini dikarenakan tinta ini tidak bisa larut di dalam air, karena bahan dasarnya yang terbuat dari minyak itu tadi.

pengering-plastisol

Tinta solvenbase yang paling umum dipakai adalah plastisol. Oleh karena itu biasanya sablon kaos dengan tinta ini disebut dengan sablon kaos plastisol. Dalam tinta sablon plastisol di dalamnya terbuat dari partikel PVC yang telah mendapatkan emulsi dari plastik. Itu juga yang membuat pemakaian tinta ini tidak bisa langsung mengering dengan sendirinya. Apabila dalam penyablonan dengan menggunakan tinta tersebut dan hasil pengeringannya yang tidak maksimal, maka hasil sablonan tersebut akan pecah dan mengerut ketika ditarik. Oleh sebab itu, anda perlu pengering khusus untuk tinta ini. Meskipun proses penyablonannya lebih rumit, pemakaian tinta plastisol ini karena sangat digemari oleh banyak konsumen karena hasil yang ditampilkan sangat luar biasa.

kaos-otomotif

Alasan pemakaian jenis sablon tersebut yang banyak digemari konsumen yaitu diantaranya.
1. Jenis sablon plastisol akan memberikan hasil sablonan dengan tekstur yang rapat, dan warna cerah mengkilap.
2. Bila menggunakan jenis sablon plastisol, dan melakukan perawatan dengan tepat, maka sablonan ini akan awet dan bertahan lama. Akan lebih baik lagi untuk tidak dilakukan penyetrikaan di atas desain sablon. Bila ingin menyetrikanya hendaknya kaos dibalik dan memberikan alas sebelum disetrika.
3. Pemakaian jenis sablon plastisol merupakan jenis sablon yang sesuai dengan standarisasi para vendor clothing di luar negeri.
4. Pemakaian jenis sablon plastisol hanya digunakan oleh beberapa vendor tertentu saja sehingga menjadi lebih ekslusif.

Itulah yang menjadi alasan mengapa jenis sablon plastisol sangat digemari oleh para konsumen.

Sumber: http://solop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.