Mengenal Jimmy Lai, Pendiri Giordano, Merk Clothing Internasional yang Mengembangkan Kaos Polos Basic
Merk Giardano tentu sudah tidak asing lagi dalam dunia fashion. Salah satu brand fashion internasional ini telah tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk juga Indonesia. Outlet Giordano banyak dijumpai di beberapa mall besar tanah air dengan ragam pilihan yang cukup bervariasi. Mulai dari kemeja, t-shirt, kaos berkerah atau polo shirt, celana panjang hingga celana pendek. Produk fashion dari Giordano ini tersedia untuk pria, wanita maupun anak-anak.
Berbicara tentang Giordano tentu tidak terlepas dari nama besar Jimmy Lai, seorang pengusaha asal Hongkong yang mendirikan Giordano. Sebuah perusahaan yang spesialisasinya memproduksi pakaian dengan kualitas bagus namun tetap ekonomis. Dari produk t-shirt, kaos lengan panjang hingga celana jeans.
Jimmy Lai lahir pada tahun 1947 dengan nama Lai Chee-Ying. Lai berasal dari keluarga miskin di kawasan Kanton, Kwangtung, Tiongkok. Lai bahkan hanya mengenyam pendidikan hingga tingkat kelas lima. Pada usia 13 tahun Lai diselundupkan ke Hongkong dengan menggunakan kapal kecil. Lai kemudian bekerja di sebuah pabrik garmen dengan upah 8 dollar per bulan.
Dengan keinginan yang kuat untuk maju, Lai banyak belajar secara otodidak sehingga karirnya semakin berkembang. Dengan uang yang sudah dikumpulkannya Lai bertekad memulai bisnisnya sendiri.
Bermula di tahun 1975, Jimmy Lai membeli pabrik garmen Comitex yang bangkrut dan mulai memproduksi sweater. Usahanya pun semakin berkembang hingga akhirnya di tahun 1981 Jimmy Lai mendirikan Giordano yang khusus memproduksi pakaian casual untuk pria, wanita, dan anak-anak.
Bermula dari produsen pakaian, Giordano menjadi peritel internasional dengan produk fashion yang berkualitas. Perusahaan ini sukses menerapkan strategi multi-pasar dan multi-merk dengan beberapa brand, yaitu Giordano, Giordano Ladies, Giordano Junior, Beau Monde, dan BSX. Bahkan saat ini ribuan outlet Giordano telah tersebar di 31 negara.
Giordano senantiasa menonjolkan kualitas dan kenyamanan untuk mewujudkan gaya hidup masa kini dalam sebuah kesederhanaan. Hal ini sangat sesuai dengan konsep kesederhanaan Giordano “Less is more” yang justru menjadi keunggulan tersendiri bagi merk ini.
Kualitas produk dari brand Giordano berani diadu karena brand ini menggunakan material garmen yang sama dengan merk internasional yang sangat terkenal. Sebagai contoh adalah produk sportwear yang menggunakan teknologi dry tech, dimana material ini mirip dengan produk sportwear buatan Nike.
Giordano menyediakan produk fashion yang relevan dan mengikuti perkembangan zaman sehingga cocok buat berbagai aktivitas. Produk fashion Giordano dikembangkan tanpa memandang etnis, budaya, dan bangsa sehingga benar-benar mewakili merk Giordano “World without foreigners”.
Dalam menjalankan bisnis ritelnya, Giordano memiliki visi menjadi merk terbesar dan terbaik di dunia. Sementara misi mereka adalah membuat para pengguna produk Giordano merasa lebih baik dan terlihat mengagumkan. Dengan visi dan misi tersebut Giordano memiliki komitmen untuk menjaga kualitas produk secara konsisten.
Perkembangan fashion yang semakin kompleks membuat Giordano terus berinovasi dengan berbagai macam produknya. Bahkan hampir semua trend model pakaian yang populer telah diproduksi oleh brand ini. Termasuk kaos polos basic, polo shirt, jeans dan denim, sweater, outwear, sportwear, hingga model pakaian ala oppa Korea yang sedang hits di kalangan anak muda.
Ukuran pakaian yang disediakan brand Giordano juga cukup variatif sehingga pilihannya semakin banyak dan bisa disesuaikan dengan ukuran badan. Berbeda dengan clothing brand lainnya, Giordano menyediakan ukuran dari XXS hingga XXL.