Mengenal Jenis Bahan Kaos Polos

Penggunaan kaos polos di masyarakat sudah sangat populer karena fungsi dasar kaos polos yang bisa dipakai untuk media sablon. Kaos polos bisa menjadi dasar material untuk pembuatan kaos sablon, kaos promosi, kaos event, kaos kelas, kas kampus, maupun kaos komunitas. Selain itu jenis kaos polos yang terbuat dari bahan katun yang lembut sangat disukai karena lebih nyaman untuk dikenakan dalam aktivitas sehari-hari di luar acara formal.

Ada banyak jenis bahan kaos polos yang digunakan dalam menghasilkan kaos polos yang kita kenakan sehari-hari, itulah kenapa seringkali saat mengenakan kaos polos yang satu terasa lebih nyaman dibandingkan kaos polos yang lain dan sebaliknya.

Berikut ini adalah jenis-jenis bahan kaos polos:

Bahan katun (Cotton)
Bahan katun merupakan bahan kaos yang terbuat dari 100% serat alami kapas, sehingga bahan jenis katun memiliki kelebihan antara lain dingin, halus, lembut, menyerap keringat dan nyaman dipakai. Bahan katun ada 2 jenis, yaitu:

Katun Combed
Disebut katun combed karena melalui proses combing dalam proses pemintalannya, dimana dalam proses combing serat-serat pendek dan gumpalan benang yang melekat dibersihkan sehingga menghasilkan bahan kain yang lebih halus dan rata permukaannya.

cottoncombed1

Katun Carded
Disebut katun carded karena proses pemintalannya menggunakan mesin carded dan tidak melalui proses combing sehingga bahan kain jenis ini kurang halus dan rajutannya kurang rata.

Berdasarkan jenis rajutan maka kain kaos bisa dibedakan menjadi 2 yaitu:

Single knite (simbol s)
Single knite merupakan jenis rajutan untuk menghasillan kaos dengan menggunakan jarum tunggal. Jenis bahan kain dari hasil rajutan jarum tunggal ditandai dengan tingkat kehalusan yang berbeda dari kedua sisinya, dimana salah satu sisinya halus dan biasanya diaplikasikan sebagai bagian luar kaos, sedangkan bagian lainnya yang lebih kasar difungsikan untuk kaos bagian dalam.

singleknitt1

Double knite (simbol D)
Double knite merupakan jenis rajutan untuk menghasilkan bahan kaos dengan menggunakan jarum ganda. Hasil rajutan dari kain jenis ini halus pada kedua sisinya, dan karena sifatnya yang halus dan rata di kedua sisi, maka kain jenis double knite biasa diaplikasikan untuk bahan baku pakaian bayi dan anak-anak, karena karakternya yang halus, lembut, dan nyaman.

Secara umum bahan kaos jenis katun sering diaplikasikan untuk kaos distro, kaos olahraga atau konveksi.

Bahan CVC
Bahan kaos jenis CVC merupakan campuran 55% cotton combed dan 45% viscose. Bahan kaos jenis ini memiliki tingkat shrinkage yang lebih kecil dibandingkan cotton, dan kain jenis CVC menyerap keringat.

Bahan TC (Teteron Cotton)

Bahan kaos TC merupakan campuran cotton combed 35% dengan Polyester 65%, karena tidak murni katun 100%, bahan kaos TC kurang menyerap keringat apabila dikenakan dan lebih panas. Namun begitu bahan kaos TC tidak mudah kusut dan melar meskipun telah dicuci berulang kali. Jenis bahan kaos TC memiliki karakteristik tebal dan biasa diaplikasikan untuk kaos event, seragam kerja, kaos promosi dsb.

Bahan Polyester (PE)

Berbeda dengan bahan TC dan CVC bahan kaos polyester tidak terbuat dari campuran cotton melainkan dari serat plastik polyester, sehingga kurang menyerap keringat dan panas saat digunakan. Kualitasnya yang cukup layak dengan ketebalan yang tidak terlalu tipis bisa digunakan untuk menyiasati minimnya budget. Bahan kaos jenis PE biasa digunakan untuk kaos partai, souvenir, promosi, dsb.

Bahan Hyget

Bahan kaos jenis hyget merupakan bahan yang murah dengan karakteristik mengkilat dan tidak menyerap keringat. Ada 3 jenis yaitu tipis, sedang dan tebal, dan biasanya diaplikasikan untuk kaos kampanye, kaos bola atau promosi.

Lacoste

Bahan jenis lacoste ditandai dengan hasil rajutan yang memiliki texture atau corak tertentu seperti pola yang bulat, kotak ataupun segitiga kecil-kecil.Jenis kaos ini biasanya diaplikasikan untuk pembuatan kaor berkerah atau polo, dengan kombinasi bordir.

Itulah beberapa jenis bahan kaos polos, Khusus untuk kaos distro, ada merek kaos polos yng terbik yaitu SOLOP. SOLOP adalah kaos polos distro bahan combed 24s dan 40s yang dibuat dengan standar ukuran distro. Ukuran kaos polos SOLOP setara dengan kaos polos impor seperti Gildan. Jadi, SOLOP bisa menjadi solusi buat anda yang mencari kaos polos distro yang sejati. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://solop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.