Memanfaatkan Kaos Polos Untuk Bisnis Kaos Anime dan Kaos Manga

Kebutuhan masyarakat akan fashion khususnya kaos tentu sudah menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dengan aktifitas keseharian, karena kaos merupakan jenis pakaian yang paling nyaman dikenakan. Selain alasan kepraktisan dan kenyamanan, pemilihan kaos saat ini juga sangat dipengaruhi oleh trend yang sedang berkembang di masyarakat, sehingga mengenakan kaos juga bisa menjadi salah satu faktor penunjang rasa percaya diri karena sesuai dengan trend maupun selera masyarakat yang bersangkutan. Salah satu trend yang sedang berkembang saat ini adalah anime dan manga.

kaos-anime-2

Bagi penggemar anime maupun manga, tentu istilah tersebut sudah tidak asing lagi di telinga, namun bagi masyarakat yang kurang familier dengan istilah tersebut tentu bertanya-tanya mengenai hal itu. Istilah anime sendiri merujuk pada animasi khas Jepang dengan ciri khas tertentu seperti gambar yang beraneka warna, yang menampilkan berbagai tokoh maupun karakter dengan lokasi dan alur cerita tertentu. Biasanya anime dipegaruhi oleh style gambar pada manga, yaitu sejenis komik khas Jepang yang umumnya berupa gambar tokoh atau karakter sederhana namun dengan detail lokasi atau latar belakang yang sangat jelas.

Berbagai jenis anime tentu sudah tidak asing lagi, diantaranya adalah Astro Boy, One Piece, Naruto, Detektif Conan, Dora Emon, Dragon Ball, Ninja Hatori, Hamtaro, Sailor Moon dan masih banyak lagi anime yang telah populer di Indonesia sampai saat ini.

Kebutuhan akan fashion khususnya kaos dengan design tertentu seperti anime dan manga tentu membuka peluang bisnis tersendiri yang masih sangat terbuka dan memiliki prospek yang cukup bagus saat ini. Hal ini bisa dilihat dari animo masyarakat yang cukup bagus pada karaketer anime saat ini yang bisa anda jadikan target pasar bisnis kaos anda, sehingga sangat potensial untuk dikembangkan. Jika anda ingin menekuni bisnis kaos dengan tema anime dan manga, maka ada beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan untuk mengembangkan usaha anda, seperti berikut ini:

Modal uang dan ide
Untuk memulai bisnis anda membutuhkan modal, dan salah satu modal terpenting yang harus anda miliki adalah kemampuan design kaos dengan tema anime dan manga yang akan anda tuangkan dalam kaos. Adapun kebutuhan modal uang dalam bisnis ini bisa anda siasati dengan berbagai cara agar modal bisa ditekan, mengingat bisnis anda sedang dirintis. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan sistem pre order terlebih dahulu, yaitu produksi kaos akan dilakukan setelah ada pemesanan dari konsumen. Selain itu, daripada pusing memikirkan produksi kaos, lebih baik menggunakan kaos polos siap sablon.

Kerjasama dengan supplier kaos polos dan sablon
Sebaiknya anda menjalin kerjasama dengan perusahaan konveksi kaos polos yang menawarkan harga kompetitif dan kualitas terbaik untuk anda jual kembali dengan design khusus tema anime dan manga. Anda perlu mempertimbangkan spesifikasi kaos polos yang paling tepat untuk pasar anda. Kaos polos SOLOP berbahan katun combed 24s dan 40s adalah jenis kaos polos yang terbaik. Setelah mendapatkan kaos polos yang tepat, anda perlu mencari tukang sablon yang yang professional untuk mencetak design sesuai keinginan anda.

Eksplorasi design tema anime dan manga
Untuk mengantisipasi order dari konsumen, maka anda bisa mempersiapkan 10 design tema anime maupun manga terlebih dahulu. Pilih anime dan manga yang sedang popular saat ini seperti One Piece, Naruto, atau Detektif Conan. Bisa juga anime dan manga klasik seperti Dragon Ball, Atau Doraemon. Hal ini untuk memudahkan saat proses produksi setelah ada order dari konsumen untuk tema anime tertentu. Agar design lebih diterima oleh target pasar anda, maka sebaiknya anda mengeksplorasi design tema tersebut dengan variasi design yang unik, seperti misalnya pada lokasi penempatan di kaos yang lain dari yang lain, variasi design dengan corel draw maupun photoshop yang unik, atau bisa juga anda mencoba design kaos anime maupun manga secara 3D agar lebih menarik minat konsumen.

Strategi marketing dan promosi
Strategi marketing dan promosi yang tepat akan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis kaos anime yang sedang anda rintis. Salah satu strategi marketing yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka outlet kaos anime jika modal anda memungkinkan, namun jika modal anda terbatas anda bisa menyebarkan brosur terkait bisnis anda pada event-event tertentu yang diadakan oleh komunitas anime dan manga. Adapun untuk keperluan promosi anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter dll untuk mempromosikan bisnis kaos anime yang sedang anda rintis.

Itulah beberapa tips dalam mengembangkan peluang bisnis kaos bertema anime dan manga yang bisa anda coba, semoga bermanfaat.

Sumber: http://solop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.