Kaos Distro Itu Bisnis Paling Asyik Tau?

distro-bandung-1

Di kalangan anak muda sekarang, kata Distro dan Kaos Distro sudah tidak aneh lagi di telinga mereka. Usaha distro merupakan sebuah jenis bisnis fahion, yang berfokus pada produksi dan penjualan kaos, yang ditujukan untuk kebutuhan anak muda. Distro dan kaos distro berkembang secara pesat di Indonesia ini bahkan sampai di kota-kota kecil maupun di kabupaten usaha distro sudah mulai bermunculan.

Banyak dari pelaku bisnis distro ini sukses dan berhasil akan tetapi tidak sedikit juga kemungkinan pelaku usaha ini yang gulung tikar. Hal-hal yang menjadi sebab usaha ini tidak berhasil didasari pada faktor pendukung yang cukup kompleks. Bisa disebabkan karena masalah management, pemasaran, ataupun modal. Ciri khas utama dari distro adalah berjualan kaos dengan design yang unik,atau apparel, sepatu, dan aksesoris lainnya yang biasa dipakai oleh anak muda. Pilihan produk yang disediakan pun biasanya terbatas, sehingga menjadi eksklusifitas bagi para pembeli.

Distro adalah singkatan dari distribution store yang merupakan jenis toko di Indonesia yang menjual kaos atau pakaian dan aksesoris yang dititipkan oleh produsen clothing, atau diproduksi sendiri.Produk yang dihasilkan distro tidak diproduksi secara besar-besaran, agar mempertahankan sifat eksklusif suatu produk dan hasil kreatifitas.

Distro di luar Indonesia pada awalnya adalah toko yang khusus menjual produk dari band-band indie label. Mulai dari album lagu hingga aksesoris merchandise seperti kaos dan pernak-pernik band lainnya. Setelah itu ada pula yang menjual produk untuk kelompok khusus seperti pakaian dan keperluan skateboard.Awal distro usaha rumahan dan dibuat etalase dan rak untuk menjual kaos. Dunia industri distro sudah mengalam iperkembangan yang sangat pesat, bahkan dianggap mampu memproduksi barang yang memiliki kualitas Go International. Jumlahdistro ditahun 2007 diperkirakan ada sekitar 700 unit usaha di Indonesia, dan setengah dari jumlah itu berada di Bandung.

Di Bandung pun distro pertama kali dibuka untuk menjual produk dari band-band luar khususnya band underground serta perlengkapan dan apparel untuk skateboard. Dimulai dengan adanya Reverse di Bandung daerah Sukasenang, yang menjual berbagai kaos musik luar dan perlengkapan skateboard. Konsep distro mulai dikenal pada pertengahan tahun90-an di Bandung. Saat itu band-band indie label di Bandung berusaha menjual merchandise khas mereka seperti kaset & rekamanlagu, baju, dan sticker selain di tempat mereka manggung. Selain komunitas musik, mulai bermunculan komunitas lain seperti komunitas punk dan skateboard yang kemudian juga membuat toko-toko kecil untuk menjual kaos dan pernak-pernik khas mereka. Meski begitu, di awal abad ke-20, arus utama fashion mulai mengadopsi berbagai gaya yang berasal dari pinggiran. Sekarang ini istilah Distro kemudian dikenal sebagai toko/retail yang khusus hanya menjual produk dari berbagai clothing lokal serta merchandise band indie lokal.

Hingga kini jumlah distro di Indonesia sudah mencapai ribuan dan tersebar diseluruh kota besar dan kecil. Mengapa minatnya begitu besar? karena selain menghasilkan uang juga bisa menyalurkan kreativitas, oleh karena itu bisnis kaos distro adalah bisnis yang paling asyik dan seru. Buat kamu yang ingin bergabung, sekarang ada SOLOP kaos polos distro. Dengan adanya SOLOP kaos polos distro, usaha distro bisa menjadi jauh lebih mudah karena kamu tidak perlu mejahit kaos sendiri. Cukup menyiapkan design dan mencetak designmu di kaos polos distro SOLOP. Jadi, tunggu apa lagi, mari berkreasi dan berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.