Cerita Distro: UNKL347 Sang Perintis

UNKL347 merupakan label clothing yang kehadirannya mampu menarik perhatian masyarakat khususnya anak muda berbagai komunitas, yang menjadikan label merk yang satu ini sebagai perintis industri kaos distro di Bandung dan pada akhirnya menjadi perintis kaos distro di Indonesia secara keseluruhan.

dendy-darman

Sejarah awal berdirinya UNKL347 adalah sebagai berikut:

Tahun 1999
Pendirian usaha clothing ini berawal dari diterimanya Dendy Darman, salah seorang pendiri UNKL347 di jurusan seni grafis atau saat ini lebih dikenal dengan Desain komunikasi Visual di Fakultas Seni rupa ITB pada pertengahan tahun 1990. Saat mempelajari teknik screen printing atau sablon dalam salah satu mata kuliahnya, Dendy pun mulai mengasah kreatifitasnya dengan berbagai kreasi desain yang unik dan diaplikasikan dalam sebuah kaos. Ide untuk membuat label kaos perlahan muncul saat dia menempati rumah kos di Jln. Dago 347. Rumah kos ini juga merupakan base camp dari komunitas pecinta desain grafis dan komunitas musik indie dimana Dendy tergabung di dalamnya. Nomor 347 yang merupakan nomor rumah kos yang ditempatinya menginspirasi nama label yang dibuat saat awal kemunculannya.

Tahun 1996
Bersama kawan-kawannya, Arifin Windarman, Anli Rizandi dan Lucky Widiantara, mereka memutuskan untuk membuka usaha baju dan mematenkan label clothing line yang bernama 347boardrider.co. Banyaknya anak muda yang tergabung dalam komunitas tak urung turut serta membantu perkembangan bisnis yang mereka rintis secara signifikan. Promosi yang hanya dari mulut ke mulut ternyata cukup ampuh mendongkrak nama label mereka di kalangan anak muda di Bandung. Terlebih banyaknya fans dari grup band indie yang mengikuti idolanya yang telah lebih dulu menggunakan kaos produk dengan label 347boardrider.co ini, antara lain Cherry Bombshell, Pure Saturday dll. Konsumen kaos pun semakin loyal dengan merk 347boardrider.co, hal ini terbukti dari semakin diminatinya kaos produk Dendy dan kawan-kawan ini sehingga semakin menunjukkan eksistensinya di pasaran.
Keberadaan 347boardrider.co tidak hanya dekat dengan komunitas musik saja tapi juga dengan komunitas lain yang juga merupakan kegemaran Dendy dan kawan-kawan, yaitu surfing dan skateboard.

Tahun 1999
Pada tahun ini Dendy dan kawan-kawan telah berhasil mendirikan outlet sendiri, dengan berdirinya outlet ini bisa dikatakan sebagai perintis kaos distro yang ke depannya semakin bekembang di Indonesia. Style design yang dibangun bukan hanya seputar musik, surfing dan skateboard, tapi juga kehidupan malam dan seni jalanan dengan sentuhan avant garde dan simple curve sehingga menguatkan karakter yang menjadi ciri khas tersendiri.

Tahun 2002
Perkembangan label dari Dendy semakin berkembang seiring dengan berbagai event-event underground yang diselenggarakan.

Tahun 2003
Pada tahun ini label 347 berubah menjadi 347/Eat yang mengesankan propagandanya dalam setiap desain.

Tahun 2006
Pada akhir tahun 2006, label Eat dihilangkan dan diganti dengan UNKL347 sebagai penanda usia label yang telah mencapai 1 dasa warsa, dan banyak yang menyebutnya sebagai Uncle. Evolusi nama yang berubah tidak pernah melapas angka 347 sebagai label awal dari merk kebanggaan Dendy dan kawan-kawan ini.

UNKL

Strategi marketing yang tepat menjadi kunci kesuksesan usaha ini, Dendy berupaya untuk satu pemikiran dengan konsumen. Dendy meyakini bahwa dengan memiliki pemikiran yang sama antara produsen dan konsumen akan menciptakan interest yang sama sehingga produk yang dihasilkan pun mampu menarik minat konsumen. Selain itu kesamaan minat juga akan menjadikan konsumen tersebut loyal terhadap produk yang ditawarkan.

Sumber: http://solop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.