Cerita Distro: Kick Denim, Black ID, dan Diery

Kick-Denim

Brand Distro Kick Denim, Black ID dan Diery merupakan brand distro yang sangat terkenal di Bandung bahkan sudah merambah ke luar negeri. Hartiman adalah sosok di balik mendunianya brand distro yang satu ini. Imonz sapaan akrab dari Hartiman merupakan mantan pegawai administrasi di kantor perpajakan.

Tahun 2004 merupakan awal dari usaha yang dirintis oleh Imonz, yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai pegawai administrasi kantor perpajakan. Dengan berbekal modal awal sebesar dua juta seratus ribu rupiah, Imonz nekat memproduksi kemeja dan bisa menghasilkan 60 potong kemeja.

Ternyata hasil yang diperoleh tidak sesuai harapan karena dalam waktu satu bulan produk kemeja sejumlah 60 potong tersebut belum habis terjual. Sehingga terpaksa menjualnya dengan cara door to door. Namun tanpa promosi yang tepat usaha yang sedang dirintis tersebut banyak menemui kendala. Pada akhirnya Imonz memutuskan untuk konsinyasi dengan rekannya yang telah memiliki distro dengan menitipkan produk kemeja tersebut di outletnya.

Di luar dugaan produknya laku keras dan pesanan pun meningkat, sehingga produknya yang berlabel Black ID mulai terkenal di Bandung. Salah satu promosi yang secara tidak langsung turut mendongkrak nama Black ID adalah ketika ada salah satu stasiun Televisi yang meliput kegiatan usaha yang dimiliki Imonz, sehingga produksi pun meningkat untuk mengimbangi meningkatnya pesanan konsumen di pasaran.

Pada tahun yang sama, Ungu sebagai salah satu Band yang sedang naik daun saat itu tak luput dari perhatian Imonz yang akhirnya menggandeng Pasha Ungu sebagai Brand Ambasador dari brand Black ID dan menjadikannya ikon produk Imonz tersebut. Ternyata hal tersebut menjadi salah satu strategi marketing yang jitu dan tepat sasaran sehingga Distro Imonz mampu menjual 20-30 ribu item per bulan, dengan kisaran 40% diekspor ke Malaysia.

hartiman-blackID

Pada pertengahan tahun 2010 muncul ide untuk menyempurnakan style fashion Denim, dengan menampilkan nuansa baru dalam dunia clothing di Bandung maupun di Indonesia secara keseluruhan. Dengan mengusung tagline Pimp your pants, Kick Denim mampu menunjukkan sebagai brand eksklusif yang inspiratif tanpa meninggalkan kreatifitas dalam setiap produk inovatifnya. Style design yang simpel dan fokus pada identitas menjadikan brand ini memiliki konsep yang tidak terbatas dengan tetap berpijak pada trend fashion yang up to date dan imajinatif. Sesuai dengan misi yang diusung yaitu semua orang di dunia ini menggunakan produk Kick Denim menjadikan brand ini selalu meningkatkan kualitas dan desainnya untuk menjaga loyalitas konsumen dari berbagai kalangan.

Sampai saat ini Imonz telah memiliki 4 label Distro yang terkenal yaitu Black ID, Kick Denim, T Shirt Store dan Diery Store.Ada beberapa strategi yang digunakan Imonz untuk menjaga kepercayaan konsumen dan memenangkan persaingan pasar, yaitu:
• Menjaga dan meningkatkan kualitas produk
• Meningkatkan kualitas design dan design yang variatif
• Modernisasi peralatan produksi sehingga diperoleh produk yang berkulitas
tinggi.

Adapun strategi yang digunakan untuk mengantisipasi adanya pembajakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab:
• Selalu berinteraksi dengan konsumen melalui media sosial Facebook, Twitter,
maupun instagram untuk menginformasikan produk terbaru.
• Mempublish outlet resmi reseller Black ID.
• Website resmi Kick Denim

Berbagai produk dari brand Kick Denim, Black ID dan Diery antara lain: Celana, Hoodie, Jaket, kemeja, sweater, tas, sepatu, topi, ikat pinggang, blazer, aksesoris dll. Perkembangan brand yang sudah meraih sukses tersebut tidak luput dari kerjasama tim yang solid yang terdiri dari tim kreatif, tim produksi, tim promosi dan sales di lapangan yang dipadukan manajemen yang tepat.

Sumber: http://solop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.