Lebih Asik Membuat Kaos Musik-mu Sendiri

Mengenakan kaos dengan design sesuai selera tentu menjadi hal yang menyenangkan dan bisa meningkatkan rasa percaya diri karena bisa tampil gaya dan trendy sesuai stylenya masing-masing. Bagi penggemar musik dengan genre tertentu mengenakan kaos yang mewakili identitas grup musik ataupun musik yang difavoritkan tentu semakin memantapkan rasa percaya diri dalam berpenampilan. Melihat banyaknya penggemar musik di tanah air, tentunya membuka peluang bisnis kaos dengan mengusung tema musik sayang untuk dilewatkan begitu saja.

kaos-musik-2

Mengingat animo masyarakat yang tinggi pada grup musik tertentu yang difavoritkan, peluang bisnis kaos dengan tema musik hingga saat ini masih terbilang potensial untuk dikembangkan karena prospeknya yang masih sangat bagus.

Untuk bisnis kaos tema musik ini secara ekslusifitas bisa dibedakan menjadi kaos official merchandise yang resmi dari grup musik tertentu dan bisanya limited edition dengan harga yang relatif lebih mahal, dan kaos unofficial merchandise dengan produksi yang lebih bervariasi dan harga yang relatif lebih terjangkau.

Jika anda berminat untuk menekuni bisnis kaos dengan tema musik, maka tipe unofficial merchandise adalah yang paling mudah untuk dimasuki. Sebelum itu, sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal yang bisa anda jadikan strategi untuk mengembangkan peluang bisnis ini. Adapun strategi yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan bisnis kaos tema musik ini antara lain adalah:

Persiapan produksi
Untuk memulai bisnis kaos dengan tema musik ini maka diperlukan persiapan produksi. Untuk mempermudah proses produksi kaos distro music, gunakan kaos polos siap sablon. Kaos polos siap sablon saat ini bisa disapat dimana saja. Salah satu yang menjual kaos polos dengan kualitas standar distro adalah SOLOP. Kaos polos SOLOP memang diproduksi untuk kebutuhan distro dibuat dari bahan katun premium combed 24s dan 40s yang banyak dipakai oleh distro di Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta. Menggunakan kaos polo sebagai basis produksi mempermudah anda dalam memulai bisnis kaos. Selain lebih hemat biaya, juga lebih hemat waktu sehingga anda bisa lebih berfokus pada hal yang lebih utama yaitu: design dan marketing.

Target pasar yang dituju
Salah satu strategi mengembangkan bisnis kaos dengan tema musik adalah menentukan target pasar yang akan dituju pada bisnis anda. Hal ini dilakukan agar promosi dan penjualan bisa tepat sasaran sehingga lebih efektif dalam memajukan bisnis yang sedang anda rintis. Meski demikian, pada dasarnya semua jenis musik memiliki penggemar masing-masing sehingga memungkinkan anda untuk menawarkan berbagai design yang bervariasi dari berbagai genre musik yang digemari oleh kalangan anak muda.

Design yang unik
Salah satu daya tarik dari kaos dengan tema musik adalah design yang diaplikasikan pada kaos tersebut. Anda bisa mengaplikasikan logo grup musik tertentu dengan penambahan variasi design yang berbeda sehingga menghasilkan gambar yang unik namun tetap menonjolkan logo grup musik tertentu. Keberanian untuk berkesperimen dalam menciptakan design sangat penting agar karya yang dihasilkan tidak monoton dan lebih bervariasi sehingga menarik minat konsumen. Jika selama ini kaos tema musik underground lebih ke gothic, bukan berarti anda tidak bisa mengkrasikannya dengan warna yang lebih bervariasi namun tetap menampilkan sisi gelap musik underground.

Strategi marketing dan promosi
Untuk mengembangkan bisnis kaos dengan tema musik diperlukan strategi marketing dan promosi yang tepat sehingga usaha yang dirintis bisa maju secara efektif. Salah satu startegi marketing yang bisa dilakukan adalah membuka outlet di lokasi usaha yang strategis dan mudah diakses oleh orang banyak, selain itu anda juga bisa memasang banner atau neonbox pada outlet distro anda. Dekorasi interior juga penting untuk dipertimbangkan, berikan kenyamanan pada pengunjung yang datang, misalnya dengan penataan produk yang rapi dan teratur sesuai genre musik, pelayanan yang ramah, AC maupun musik yang bisa membuat suasana lebih menyenangkan. Adapun untuk keperluan promosi anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan bisnis kaos tema musik yang sedang anda rintis sehingga jangkauan konsumen lebih luas. Hal lain yang penting untuk dilakukan adalah tetap menjaga kualitas produk dan design sehingga bisa menjaga kepercayaan konsumen. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://solop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.