Apa Saja Peralatan Sablon Kaos Manual ?

Bila anda yang ingin belajar sablon kaos manual, tentu anda harus menyiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam melakukan proses sablon kaos manual. Tentu untuk melakukan proses tersebut harus menyiapkan alat-alatnya untuk memudahkan jalannya proses sablon. Artikel ini memberikan tambahan wawasan bagi anda yang ingin mengetahui peralata-peralatan sablon kaos manual yang bisa anda jadikan referensi bila ingin membuka usaha di bidang sablon kaos manual.

Peralatan pertama yang harus anda miliki ketika ingin membuka usaha sablon kaos manual, yakni screen atau disebut juga kain monyl. Benda ini harus anda miliki saat membuka usaha sablon kaos manual. Ada banyak tipe yang bisa anda temui untuk mendapatkan peralatan ini, di antaranya screen dengan tipe S,M,T atau HD. Huruf-huruf tersebut artinya: S artinya benang screen tersebut adalah tipis. M artinya bernang screen tersebut agak tebal. T artinya benang screen tersebut tebal, dan HD artinya benang screen tersebut sangat tebal. Lalu ada pula ukuran angka 60,71, 100, 150 dan seterusnya. Angka2 ini menunjukkan besar lubang screen. Semakin besar angkanya artinya semakin kecil lubangnya atau dengan kata lain semakin besar angkanya artinya screen tersebut semakin halus. Perhatikan ukuran-ukuran ini sebelum memilih screen sablon.

screen-sablon-kaos-manual

Kedua, bila anda ingin membuka usaha sablon dan melakukan proses sablon anda harus memiliki peralatan yang gunanya untuk menggesut tinta. Alat ini terbuat dari karet dengan handle nya dari kayu. Tidak hanya dari kayu, kadang ada beberapa alat yang handle-nya terbuat dari aluminium. Alat ini disebut dengan rakel. Sedangkan untuk meratakan lapisan obat cetak pada proses pencetakan di screen digunakan alat yang dinamakan coater atau bisa juga disebut dengan skuter.

Squeegee

Kemudian, dalam melakukan proses sablon kaos manual, peralatan lain yang harus anda siapkan adalah alat yang disebut dengan papan vallet. Alat ini digunakan sebagai alas untuk kaos yang akan disablon. Dengan alat ini, proses sablon akan lebih mudah dilakukan, karena permukaan dari papan tersebut sangat rata.

papan-sablon

Peralatan selanjutnya adalah meja sinar. Bisa juga disebut dengan lampu afdruk. Untuk mendapatkan alat ini juga telah diproduksi di pabrik-pabrik untuk menunjang proses sablon. Namun, bila untuk mendapatkan meja sinar buatan pabrik ini terlalu mahal dan tentunya akan menambah biaya produksi, anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan beberapa lampu UV serta kaca bening.

Meja Afdruk Sablon

Untuk menunjang proses sablon kaos manual agar mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan tinta sablon. Di pasaran banyak dijual tinta sablon dari berbagai jenis dan kategorinya. Misalnya tinta rubber, GL, SW, plasticol, dan masih banyak lagi tinta sablon yang bisa digunakan untuk melakukan proses sablon kaos manual. Ada banyak macam tinta sablon. Untuk tinta sablon tergantung dari media yang dipakai untuk menyablon, misalnya kertas, plastik, atau kaos. Selain tinta sablon, anda juga membutuhkan cairan yang gunanya untuk mengencerkan tinta. Cairan ini juga terdiri dari bermacam-macam seperti M3, M4, M3 Super, dan M4 Super. Kemudian ada lagi anda juga harus menyiapkan cairan pembersih obat afdruk. Cairan ini banyak dijual di toko-toko peralatan sablon. Atau bisa juga anda menggunakan cairan pemutih pakaian.

tinta-sablon-manual

Untuk peralatan yang lain yang bisa menunjang proses penyablonan kaos manual, yakni pengering rambut atau hair dryer yang gunanya untuk mengeringkan hasil sablonan. Kemudian anda juga memerlukan alat penyemprot seperti yang biasa digunakan untuk menyemprot tanaman. Dan untuk melekatkan desain ke sablon anda bisa menggunakan heat press, bila tidak memiliki anda bisa menggunakan setrika untuk melekatkannya.

hair-dryer

Nah, demikian beberapa peralatan yang anda perlukan untuk melakukan proses sablon kaos manual. Artikel di atas semoga bisa menjadikan wawasan dan referensi bagi anda yang ingin membuka usaha sablon atau sekedar ingin belajar menyablon kaos anda sendiri secara manual. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda.

Sumber: http:/solop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.